Aspek-aspek yang diukur Dalam Penilaian - Edukasi -->

Halaman

    Social Items

Aspek-aspek yang diukur Dalam Penilaian

Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajar  yang dilihat dari test yang telah diberikan. Jika hasil tes bagus maka si anak dikatakan berhasil belajarnya, sebaliknya jika hasil tes yang diberikan hasilnya jelek maka si anak dikatakan kurang berhasil dalam belajarnya.
Hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan dari sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar. Tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Sedangkan dari sisi guru, hasil belajar merupakan saat selesainya mata pelajaran yang diajarkan.

Berdasarkan teori taksonomi bloom aspek yang diukur dalam hasil belajar terdiri atas tiga kategori ranah. Rinciannya adalah sebagai berikut :
  1.  Cognitive domain yang berhubungan dengan pengenalan kembali, cognitive domain terdiri dari enam tahapan yaitu; pengetahuan  (knowledge), pemahaman  (comprehensif), penerapan  (application), analisis (analysis), sintesis (syntesis) dan evaluasi (evaluation)
  2. Affektif domain  yang berhubungan dengan sikap nilai- nilai yang terdiri dari atas; penerimaan (receving), penanggapan (responding), penilaian (valuing), penyuluhan        (organization) dan pengelompokkan  (characterization)
  3. Psikomotor  domain  yang berhubungan dengan ketarampilan terdiri dari atas; persepsi (perseption), kesiagaan (set), gerak terbimbing    (guided response), gerakan  terbiasa    (mechanical response), gerakan yang kompleks  (compleks  response), penyesuaian pada gerakan  (ajusment), kreativitas atau penciptaan yang baru (creativity)


Daftar pustaka : 
Sofyanudin.A( 2006). Evaluasi Pengajaran.Purwakarta : UPI

Load comments