Kisi-kisi soal ujian sekolah IPA kelas 6 tahun 2016 - Edukasi -->

Halaman

    Social Items

Ujian sekolah kelas 6 akan dilaksanakan pada bulan Mei, untuk mempersiapkan ujian sekolah, maka diperlukan banyak latihan soal. Soal latihan dan materi pelajaran sebaiknya mengikuti kisi-kisi ujian sekolah yang ada. Kisi- kisi soal ujian sekolah mata pelajaran ilmu pengetahuan alam ini mengacu kepada kisi-kisi ujian sekolah tingkat sekolah dasar dari kementerian pendidikan nasional. 

Kenapa harus mengikuti kisi-kisi? Alasannya adalah agar materi pelajaran dan soal latihan yang kita pelajari sesuai dengan soal ujian sekolah yang akan diterima ketika ujian sekolah dilaksanakan. Berikut ini merupakan kisi-kisi soal ujian sekolah mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) untuk tingkat sekolah dasar tahun 2016  .
ujian sekolah kelas 6 SD

Kisi-kisi soal ujian sekolah mata pelajaran IPA kelas 6.

A. Makhluk hidup dan lingkungannya 
1.Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan 
Indikator pencapaian :
  • Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu. 
  • Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut. 
  • Menentukan dasar pengelompokan hewan. 
  • Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar. 
  • Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel. 

2. Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem
Indikator pencapaian :
  • Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu. 
  • Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap. 
  • Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar. 
  • Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat. 
  • Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis). 
  • Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan. 

3.Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup 
  Indikator pencapaian :
  • Menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan tertentu yang disajikan dalam gambar. 
  • Memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan/alami. 
  • Memberikan dua contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu. 
  • Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam tabel. 
  • Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi. 
  • Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu. 
  • Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya. 

4. Pelestarian lingkungan
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan cara melestarikan lingkungan berdasarkan kasus tentang kondisi lingkungan di suatu daerah. 
  • Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan. 
  • Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan. 
  • Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, banjir, dll. 

B. Struktur dan fungsi makhluk hidup 
5. Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan. 
  • Menjelaskan manfaat bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia 


6. Daur hidup beberapa hewan
Indikator pencapaian :
  • Mengidentifikasi hewan yang mengalami daur hidup seperti tampak pada gambar/diagram.
  • Menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan ilustrasi

7.Rangka manusia
Indikator pencapaian :
  • Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
  • Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
  • Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan dalam gambar.

8.Sistem organ pada manusia 
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan fungsi bagian indera pendengaran yang ditunjuk dalam gambar. 
  • Menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem pernapasan. 
  • Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu . 
  • Menjelaskan fungsi organ pada manusia 

C. Benda dan sifatnya 

9. Sifat benda
    Indikator pencapaian :
  • Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel 

10.Perubahan benda
 • Menentukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi. 
Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan). 

D. Energi dan perubahannya 

11.Gaya dan gerak 
Indikator pencapaian :
  • Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar. 
  • Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah , atau bentuk benda 

12.Bentuk energi dan perubahannya 
Indikator pencapaian :
  • Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar. 
  • Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan. 
  • Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. 
  • Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi. 

13.Suhu dan kalor 
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan. 
  • Menyebutkan penggunaan benda berdasarkan sifat hantaran  panas. 
  • Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas. 
  • Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari. 

14.Bunyi dan cahaya 
Indikator pencapaian :
  • Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung. 
  • Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan). 
  • Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar. 
  • Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/gambar. 


15.Listrik dan magnet 
Indikator pencapaian :
  • Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar. 
  • Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar 


E. Bumi dan alam semesta 
16.Sumber daya alam 
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar. 
  • Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui. 
  • Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan. 

17.Daur air 
Indikator pencapaian :
  • Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar. 
  • Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air. 

18. Sistem tata surya 
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap matahari. 
  • Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan. 
  • Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya. 
  • Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya. 
  • Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah. 


Kisi-kisi soal ujian sekolah IPA kelas 6 tahun 2016

Ujian sekolah kelas 6 akan dilaksanakan pada bulan Mei, untuk mempersiapkan ujian sekolah, maka diperlukan banyak latihan soal. Soal latihan dan materi pelajaran sebaiknya mengikuti kisi-kisi ujian sekolah yang ada. Kisi- kisi soal ujian sekolah mata pelajaran ilmu pengetahuan alam ini mengacu kepada kisi-kisi ujian sekolah tingkat sekolah dasar dari kementerian pendidikan nasional. 

Kenapa harus mengikuti kisi-kisi? Alasannya adalah agar materi pelajaran dan soal latihan yang kita pelajari sesuai dengan soal ujian sekolah yang akan diterima ketika ujian sekolah dilaksanakan. Berikut ini merupakan kisi-kisi soal ujian sekolah mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) untuk tingkat sekolah dasar tahun 2016  .
ujian sekolah kelas 6 SD

Kisi-kisi soal ujian sekolah mata pelajaran IPA kelas 6.

A. Makhluk hidup dan lingkungannya 
1.Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan 
Indikator pencapaian :
  • Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu. 
  • Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut. 
  • Menentukan dasar pengelompokan hewan. 
  • Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar. 
  • Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel. 

2. Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem
Indikator pencapaian :
  • Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu. 
  • Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap. 
  • Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar. 
  • Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat. 
  • Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis). 
  • Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan. 

3.Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup 
  Indikator pencapaian :
  • Menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan tertentu yang disajikan dalam gambar. 
  • Memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan/alami. 
  • Memberikan dua contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu. 
  • Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam tabel. 
  • Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi. 
  • Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu. 
  • Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya. 

4. Pelestarian lingkungan
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan cara melestarikan lingkungan berdasarkan kasus tentang kondisi lingkungan di suatu daerah. 
  • Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan. 
  • Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan. 
  • Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, banjir, dll. 

B. Struktur dan fungsi makhluk hidup 
5. Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan. 
  • Menjelaskan manfaat bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia 


6. Daur hidup beberapa hewan
Indikator pencapaian :
  • Mengidentifikasi hewan yang mengalami daur hidup seperti tampak pada gambar/diagram.
  • Menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan ilustrasi

7.Rangka manusia
Indikator pencapaian :
  • Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
  • Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
  • Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan dalam gambar.

8.Sistem organ pada manusia 
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan fungsi bagian indera pendengaran yang ditunjuk dalam gambar. 
  • Menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem pernapasan. 
  • Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu . 
  • Menjelaskan fungsi organ pada manusia 

C. Benda dan sifatnya 

9. Sifat benda
    Indikator pencapaian :
  • Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel 

10.Perubahan benda
 • Menentukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi. 
Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan). 

D. Energi dan perubahannya 

11.Gaya dan gerak 
Indikator pencapaian :
  • Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar. 
  • Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah , atau bentuk benda 

12.Bentuk energi dan perubahannya 
Indikator pencapaian :
  • Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar. 
  • Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan. 
  • Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. 
  • Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi. 

13.Suhu dan kalor 
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan. 
  • Menyebutkan penggunaan benda berdasarkan sifat hantaran  panas. 
  • Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas. 
  • Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari. 

14.Bunyi dan cahaya 
Indikator pencapaian :
  • Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung. 
  • Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan). 
  • Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar. 
  • Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/gambar. 


15.Listrik dan magnet 
Indikator pencapaian :
  • Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar. 
  • Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar 


E. Bumi dan alam semesta 
16.Sumber daya alam 
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar. 
  • Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui. 
  • Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan. 

17.Daur air 
Indikator pencapaian :
  • Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar. 
  • Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air. 

18. Sistem tata surya 
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap matahari. 
  • Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan. 
  • Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya. 
  • Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya. 
  • Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah. 


Load comments