Ujian sekolah kelas 6 akan dilaksanakan pada bulan Mei, untuk mempersiapkan ujian sekolah, maka diperlukan banyak latihan soal. Soal latihan dan materi pelajaran sebaiknya mengikuti kisi-kisi ujian sekolah yang ada. Kisi- kisi soal ujian sekolah mata pelajaran ilmu pengetahuan alam ini mengacu kepada kisi-kisi ujian sekolah tingkat sekolah dasar dari kementerian pendidikan nasional.
Kenapa harus mengikuti kisi-kisi? Alasannya adalah agar materi pelajaran dan soal latihan yang kita pelajari sesuai dengan soal ujian sekolah yang akan diterima ketika ujian sekolah dilaksanakan. Berikut ini merupakan kisi-kisi soal ujian sekolah mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) untuk tingkat sekolah dasar tahun 2016 .
Kisi-kisi soal ujian sekolah mata pelajaran IPA kelas 6.
A. Makhluk hidup dan lingkungannya
1.Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan
Indikator pencapaian :
- Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu.
- Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut.
- Menentukan dasar pengelompokan hewan.
- Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.
- Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel.
2. Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem
Indikator pencapaian :
- Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu.
- Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap.
- Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar.
- Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat.
- Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis).
- Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan.
3.Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup
Indikator pencapaian :
- Menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan tertentu yang disajikan dalam gambar.
- Memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan/alami.
- Memberikan dua contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu.
- Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam tabel.
- Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi.
- Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
- Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
4. Pelestarian lingkungan
Indikator pencapaian :
- Menjelaskan cara melestarikan lingkungan berdasarkan kasus tentang kondisi lingkungan di suatu daerah.
- Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan.
- Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan.
- Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, banjir, dll.
B. Struktur dan fungsi makhluk hidup
5. Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya
Indikator pencapaian :
- Menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan.
- Menjelaskan manfaat bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia
6. Daur hidup beberapa hewan
Indikator pencapaian :
- Mengidentifikasi hewan yang mengalami daur hidup seperti tampak pada gambar/diagram.
- Menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan ilustrasi
7.Rangka manusia
Indikator pencapaian :
- Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
- Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
- Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan dalam gambar.
8.Sistem organ pada manusia
Indikator pencapaian :
- Menjelaskan fungsi bagian indera pendengaran yang ditunjuk dalam gambar.
- Menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem pernapasan.
- Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu .
- Menjelaskan fungsi organ pada manusia
C. Benda dan sifatnya
9. Sifat benda
Indikator pencapaian :
- Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel
10.Perubahan benda
• Menentukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi.
• Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan).
D. Energi dan perubahannya
11.Gaya dan gerak
Indikator pencapaian :
- Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar.
- Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah , atau bentuk benda
12.Bentuk energi dan perubahannya
Indikator pencapaian :
- Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar.
- Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan.
- Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
- Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi.
13.Suhu dan kalor
Indikator pencapaian :
- Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan.
- Menyebutkan penggunaan benda berdasarkan sifat hantaran panas.
- Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas.
- Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari.
14.Bunyi dan cahaya
Indikator pencapaian :
- Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung.
- Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
- Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar.
- Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/gambar.
15.Listrik dan magnet
Indikator pencapaian :
- Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar.
- Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar
E. Bumi dan alam semesta
16.Sumber daya alam
Indikator pencapaian :
- Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar.
- Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui.
- Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.
17.Daur air
Indikator pencapaian :
- Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar.
- Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air.
18. Sistem tata surya
Indikator pencapaian :
- Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap matahari.
- Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan.
- Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
- Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya.
- Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah.