Kelebihan dan kekurangan cooperative learning TGT - Edukasi -->

Halaman

    Social Items

Kelebihan dan kekurangan cooperative learning TGT

Cooperative learning merupakan aktivitas pembelajaran kelompok yang diorganisasi oleh satu prinsip bahwa pembelajaran harus didasarkan pada perubahan  informasi secara sosial diantara kelompok- kelompok pembelajaran yang didalamnya setiap pembelajaran bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri dan didorong untuk meningkatkan pembelajaran anggota- anggota yang lain .
Model cooperative learning mempunyai banyak sekali variasi. Salah satu di antaranya adalah model cooperative learning tipe teams games tournaments. 
Cooperative learning tipe teams games tournaments adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok – kelompok belajar yang beranggotakan 5 sampai 6 orang siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan suku kata atau ras yang berbeda.
Dalam pelaksanaan cooperative learning tipe team games tournament memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran ini yaitu:

1. Kelebihan cooperarive learning tipe teams games tournament (TGT)
  • Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru
  • Siswa lebih percaya diri untuk   untuk berfikir mandiri, menemukan informasi dari berbagai sumber, dan belajar bersama siswa lainnya
  • Mengembangkan kemampuan mengungkapkan ide secara verbal dan membandingkan dengan ide-ide orang lain
  • Menumbuhkan sikap respon terhadap orang lain
  • Membantu memberdayakan setiap siswa untuk lebih bertanggung jawab dalam belajar
  • Meningkatkan prestasi akademik dan kemampuan sosial,
  • Meningkatkan kemampuan siswa menggunakan informasi dan mengubah belajar abstrak menjadi nyata


2.  Kekurangan Model cooperative learning tipe teams games tournaments
  • Dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk melaksanakan cooperative learning tipe teams games tournaments,
  • Siswa yang memiliki kemampuan lebih akan merasa terhambat oleh siswa yang berkemampuan kurang.
  • Memerlukan kerja keras dalam memadukan kemampuan individu siswa dengan kerjasamanya
  • menciptakan kondisi saling memberi pemahaman antar siswa, bisa timbul pemahaman yang berbeda dengan apa yang diharapkan




Load comments