Memberikan pertanyaan kepada siswa sering kali dilakukan oleh guru, pertanyaan yang diberikan bisa bertujuan untuk mengingatkan pelajaran yang telah dilaksanakan, mengetahui penguasaan materi, adakalanya pertanyaan yang disampaikan guru bertujuan untuk memunculkan rasa ingin tahu siswa dan mengembangkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.
Untuk lebih memahami jenis pertanyaan apa yang kita gunakan dalam pembelajaran, Berikut ini merupakan jenis pertanyaan berdasarkan Taksonomi Bloom.
1.Pertanyaan ingatan (Knowledge)
Pertanyaan ingatan merupakan pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui daya ingat siswa terhadap materi pelajaran. Pertanyaan ingatan biasanya menggunakan kata- kata: siapa, apa, dimana, kapan, definisi, ingat, kenal.
Contoh : Kapan Indonesia merdeka?
Siapa yang menjahit bendera merah putih?
2.Pertanyaan pemahaman (Comprehension)
Pertanyaan pemahaman bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan mampu memaparkan jawaban atas pertanyaan yang telah diberikan dengan menggunakan bahasa sendiri.
Kata yang digunakan dalam pertanyaan pemahaman antara lain: deskripsikan, uraikan, bandingkan, cari perbedaan, sederhanakan, katakana dengan kata-katamu sendiri, jelaskan ide pokok dari….
Contoh:
- Jelaskan ide pokok pada cerita diatas?
- Dimana letek perbedaan antara Pancasila dengan UUD 1945
3.Pertanyaan Penerapan (Aplication)
Pertanyaan penerapan bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menerapkan informasi yang telah diperoleh dan dipahami ke dalam pemecahan suatu masalah.
Kata yang digunakan dalam pertanyaan penerapan ini yaitu : terapakan, klasifikasikan, gunakan, pilih, manfaatkan, tulis suatu contoh, berapa banyak, yang mana, apakah.
Contoh :
Dari contoh- contoh kejadian berikut ini, mana yang menggunakan hukum Newton?
4.Pertanyaan Analisis
Pertanyaan analisis memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa berpikir secara kritis dan mendalam. Siswa dituntut untuk:
- Mengidentifikasi motif, alasan-alasan atau sebab suatu kejadian
- Mempertimbangkan dan menganalisis informasi, agar diperoleh kesimpulan atau generalisasi.
Kata- kata yang digunakan dalam pertanyaan analisis antara lain: identifikasi, sebab akibat, buat kesimpulan, tentukan kejadian, dukungan, analisis, mengapa
Contoh:
Mengapa perlu menerapkan kurikulum 2013?
5. Pertanyaan Sintesis
Bentuk pertanyaan ini untuk mengetahui kemampuan berpikir lebih tinggi dalam bentuk pemikiran dan kreatif. Dalam pertanyaan ini siswa dituntuk untuk:
- Menghasilkan komunikasi atau buah pikir yang asli
- Membuat ramalah
- Memecahkan masalah secara kreatif dan bervariasi
Contoh :
- Rencanakan liburan sekolah?
- Apa yang terjadi jika kita jarang sarapan pagi?
Pertanyaan evaluasi termasuk pertanyaan tingkat tinggi selain pertanyaan sitesis. Dalam hal ini siswa dituntut untuk dapat membuat keputusan tentang baik tidaknya suatu ide, pemecahan masalah, suatu karya seni, atau pendapat tentang isu yang sedang berkembang.
Kata- kata yang digunakan seperti: apa argumentasinya, putuskan, berikan pendapatmu, mana pemecahan masalah yang baik, apakah anda setuju.
Contoh :
Gambar mana yang paling anda sukai, mengapa?