Kisi-ksi soal UN /US IPA Kelas 6 SD/MI kelas 6 tahun 2016 - Edukasi -->

Halaman

    Social Items

kisi-kisi ujian nasional kelas 6 SD tahun 2016
Ujian nasional (UN) untuk tingkat sekolah dasar  atau sekarang dinamakan ujian sekolah (US) akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Mei tahun 2016. Untuk mempersiapkan menghadapi ujian nasional atau ujian sekolah diperlukan banyak latihan mengerjakan soal yang berhubungan dengan materi yang akan diujikan. Soal yang akan diujikan dalam ujian nasional atau ujian sekolah berbentuk ilihan ganda (PG). 


Kisi-kisi soal ujian nasional (UN) atau ujian sekolah Mata pelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA) ini sangat penting dalam belajar siswa, karena dalam kisi-kisi soal akan diuraikan secara singkat materi ujian yang keluar pada pelaksanaan ujian sekolah. Dengan melihat kisi-kisi ujian nasional kita akan tahu materi apa sajakah yang akan diujikan, sehingga akan mempermudah siswa-siswi dalam belajar. Bagi anda yang membutuhkan kisi- kisi ujian sekolah atau ujian nasional bisa lihat dibawah ini. kisi- kisi soal ujian sekolah ini berdasarkan Badan Standarisasi Pendidikan Nasional (BNSP). semoga bermanfaat. 


A. Makhluk hidup dan lingkungannya 
1. Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan 
Indikator pencapaian :

  •  Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu. 
  • Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut. 
  • Menentukan dasar pengelompokan hewan. 
  • Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar. 
  • Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel. 

2. Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem
 Indikator pencapaian :

  • Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu. 
  • Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap. 
  • Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar. 
  • Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat. 
  • Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis). 
  • Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan. 
3. Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup 
Indikator pencapaian :

  • Menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan tertentu yang disajikan dalam gambar. 
  • Memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan/alami. 
  • Memberikan dua contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu. 
  • Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam tabel. 
  • Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi. 
  • Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu. 
  •  Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya. 
4. Pelestarian lingkungan
Indikator pencapaian :

  • Menjelaskan cara melestarikan lingkungan berdasarkan kasus tentang kondisi lingkungan di suatu daerah. 
  • Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan. 
  • Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan. 
  • Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, banjir, dll. 
B. Struktur dan fungsi makhluk hidup 
5. Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya 
  Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan. 
  • Menjelaskan manfaat bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia 

6. Daur hidup beberapa hewan
  Indikator pencapaian :  

  • Mengidentifikasi hewan yang mengalami daur hidup seperti tampak pada gambar/diagram.
  • Menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan ilustrasi
7. Rangka manusia
Indikator pencapaian :
  • Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
  • Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
  • Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan dalam gambar.

8. Sistem organ pada manusia 
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan fungsi bagian indera pendengaran yang ditunjuk dalam gambar. 
  • Menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem pernapasan. 
  • Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu . 
  • Menjelaskan fungsi organ pada manusia 

C. Benda dan sifatnya 
 9. Sifat benda
  • Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel 

 10. Perubahan benda
   • Menentukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi. 
   • Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan). 

D. Energi dan perubahannya 
11. Gaya dan gerak 

  •  Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar. 
  • Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah , atau bentuk benda 
12. Bentuk energi dan perubahannya 

  •  Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar. 
  • Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan. 
  • Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. 
  • Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi. 
13. Suhu dan kalor 
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan. 
  • Menyebutkan penggunaan benda berdasarkan sifat hantaran  panas. 
  • Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas. 
  • Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari. 

14. Bunyi dan cahaya 
Indikator pencapaian :

  • Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung. 
  • Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan). 
  • Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar. 
  • Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/gambar. 
15. Listrik dan magnet 
Indikator pencapaian :

  • Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar. 
  • Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar 
E. Bumi dan alam semesta 

16. Sumber daya alam 
Indikator pencapaian :
 • Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar. 
 • Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui. 
 • Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan. 

18. Daur air 
Indikator pencapaian :
• Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar. 
• Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air. 

18. Sistem tata surya 
Indikator pencapaian :
• Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap matahari. 
• Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan. 
• Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya. 
• Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya. 
• Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah. 


Kisi-ksi soal UN /US IPA Kelas 6 SD/MI kelas 6 tahun 2016

kisi-kisi ujian nasional kelas 6 SD tahun 2016
Ujian nasional (UN) untuk tingkat sekolah dasar  atau sekarang dinamakan ujian sekolah (US) akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Mei tahun 2016. Untuk mempersiapkan menghadapi ujian nasional atau ujian sekolah diperlukan banyak latihan mengerjakan soal yang berhubungan dengan materi yang akan diujikan. Soal yang akan diujikan dalam ujian nasional atau ujian sekolah berbentuk ilihan ganda (PG). 


Kisi-kisi soal ujian nasional (UN) atau ujian sekolah Mata pelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA) ini sangat penting dalam belajar siswa, karena dalam kisi-kisi soal akan diuraikan secara singkat materi ujian yang keluar pada pelaksanaan ujian sekolah. Dengan melihat kisi-kisi ujian nasional kita akan tahu materi apa sajakah yang akan diujikan, sehingga akan mempermudah siswa-siswi dalam belajar. Bagi anda yang membutuhkan kisi- kisi ujian sekolah atau ujian nasional bisa lihat dibawah ini. kisi- kisi soal ujian sekolah ini berdasarkan Badan Standarisasi Pendidikan Nasional (BNSP). semoga bermanfaat. 


A. Makhluk hidup dan lingkungannya 
1. Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan 
Indikator pencapaian :

  •  Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu. 
  • Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut. 
  • Menentukan dasar pengelompokan hewan. 
  • Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar. 
  • Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel. 

2. Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem
 Indikator pencapaian :

  • Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu. 
  • Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap. 
  • Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar. 
  • Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat. 
  • Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis). 
  • Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan. 
3. Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup 
Indikator pencapaian :

  • Menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan tertentu yang disajikan dalam gambar. 
  • Memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan/alami. 
  • Memberikan dua contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu. 
  • Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam tabel. 
  • Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi. 
  • Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu. 
  •  Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya. 
4. Pelestarian lingkungan
Indikator pencapaian :

  • Menjelaskan cara melestarikan lingkungan berdasarkan kasus tentang kondisi lingkungan di suatu daerah. 
  • Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan. 
  • Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan. 
  • Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, banjir, dll. 
B. Struktur dan fungsi makhluk hidup 
5. Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya 
  Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan. 
  • Menjelaskan manfaat bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia 

6. Daur hidup beberapa hewan
  Indikator pencapaian :  

  • Mengidentifikasi hewan yang mengalami daur hidup seperti tampak pada gambar/diagram.
  • Menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan ilustrasi
7. Rangka manusia
Indikator pencapaian :
  • Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
  • Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
  • Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan dalam gambar.

8. Sistem organ pada manusia 
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan fungsi bagian indera pendengaran yang ditunjuk dalam gambar. 
  • Menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem pernapasan. 
  • Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu . 
  • Menjelaskan fungsi organ pada manusia 

C. Benda dan sifatnya 
 9. Sifat benda
  • Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel 

 10. Perubahan benda
   • Menentukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi. 
   • Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan). 

D. Energi dan perubahannya 
11. Gaya dan gerak 

  •  Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar. 
  • Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah , atau bentuk benda 
12. Bentuk energi dan perubahannya 

  •  Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar. 
  • Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan. 
  • Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. 
  • Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi. 
13. Suhu dan kalor 
Indikator pencapaian :
  • Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan. 
  • Menyebutkan penggunaan benda berdasarkan sifat hantaran  panas. 
  • Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas. 
  • Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari. 

14. Bunyi dan cahaya 
Indikator pencapaian :

  • Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung. 
  • Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan). 
  • Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar. 
  • Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/gambar. 
15. Listrik dan magnet 
Indikator pencapaian :

  • Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar. 
  • Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar 
E. Bumi dan alam semesta 

16. Sumber daya alam 
Indikator pencapaian :
 • Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar. 
 • Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui. 
 • Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan. 

18. Daur air 
Indikator pencapaian :
• Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar. 
• Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air. 

18. Sistem tata surya 
Indikator pencapaian :
• Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap matahari. 
• Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan. 
• Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya. 
• Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya. 
• Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah. 


Load comments