Hal Yang Harus Dihindari Guru Ketika Tanya Jawab - Edukasi -->

Halaman

    Social Items

Bertanya merupakan salah satu aktivitas bahasa lisan yang sering kali kita lakukan. Aktivitas bertanya sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, namun berbeda ketika kita melakukannya dalam aktivitas belajar mengajar di kelas. Dalam aktivitas belajar mengajar di kelas, guru harus memiliki keterampilan bertanya yang baik. Keterampilan bertanya yang baik akan menimbulkan antusias siswa atau yang ditanya tinggi dalam menjawab pertanyaan yang diajukan. Namun, jika keterampilan bertanya yang dimiliki seorang guru kurang baik, maka akan menimbulkan rasa malas atau tidak antusias dalam menjawab pertanyaan yang  diajukan. Oleh karena itu, penting bagi seorang guru untuk meningkatkan  keterampilan bertanya. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan bertanya seorang guru, yaitu dengan menghindari beberapa hal yang tidak baik untuk dilakukan ketika melakukan tanya jawab di kelas. 

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus dihindari guru ketika melakukan tanya jawab di kelas

1.Tidak mengulang- ulang pertayaan
Apabila siswa tidak mampu menjawab pertanyaan, maka guru sebaiknya tidak mengulang- ulang pertanyaan tersebut kepada siswa. Karena hal ini dapat menyebabkan menurunnya perhatian dan partisipasi siswa.

2. Tidak mengulang- ulang jawaban
Mengulang- ulang jawaban siswa akan membuang-buang waktu dan siswa tidak memperhatikan jawaban temannya karena menunggu komentar dari guru.

3.Tidak menjawab sendiri pertanyaan yang diajukan 
Tidak menjawab sendiri pertanyaan yang diajukan guru kepada siswa, sebelum siswa memperoleh kesempatan untuk menjawabnya. jika kita menjawab sendiri pertanyaan yang diajukan sebelum siswa memperoleh kesempatan untuk menjawabnya, memiliki dampak yang kurang baik dalam pembelajaran, siswa akan frustasi dan menghilangnya minat untuk mengikuti pelajaran.

4. Hindari jawaban serempak dari siswa
Menjawab secara serempak sering terjadi di kelas ketika kita mengajukan pertanyaan kepada siswa. Hal ini harus dihindari. Mengapa? Karena kita tidak akan tahu siapa yang menjawab benar dan siapa yang menjawab salah serta  menutup kemungkinan berinteraksi selanjutnya. 

5. Menentukan siapa yang harus menjawab sebelum mengajukan pertanyaan
Apabila seorang guru sudah menentukan nama siswa yang menjawab pertanyaan sebelum pertanyaan itu diajukan, maka hal ini akan menyebabkan siswa yang tidak ditunjuk menjawab pertanyaan tidak memikirkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru. Oleh karena itu, hendaknya pertanyaan ditunjukkan terlebih dahulu kepada seluruh siswa, setelah itu guru menentukan siapa yang harus menjawab pertanyaan.

6.Pertanyaan ganda
Terkadang ada seorang guru yang mengajukan pertanyaan yang bersifat ganda, menghendaki beberapa jawaban atau kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa. 
Contoh pertanyaan ganda :
  • Apa yang menyebabkan terjadinya turun hujan dan bagaimana akibatnya bila turun hujan?
  • Apa yang dimaksud dengan abrasi dan apa dampaknya terhadap pantai?    


Hal Yang Harus Dihindari Guru Ketika Tanya Jawab

Bertanya merupakan salah satu aktivitas bahasa lisan yang sering kali kita lakukan. Aktivitas bertanya sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, namun berbeda ketika kita melakukannya dalam aktivitas belajar mengajar di kelas. Dalam aktivitas belajar mengajar di kelas, guru harus memiliki keterampilan bertanya yang baik. Keterampilan bertanya yang baik akan menimbulkan antusias siswa atau yang ditanya tinggi dalam menjawab pertanyaan yang diajukan. Namun, jika keterampilan bertanya yang dimiliki seorang guru kurang baik, maka akan menimbulkan rasa malas atau tidak antusias dalam menjawab pertanyaan yang  diajukan. Oleh karena itu, penting bagi seorang guru untuk meningkatkan  keterampilan bertanya. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan bertanya seorang guru, yaitu dengan menghindari beberapa hal yang tidak baik untuk dilakukan ketika melakukan tanya jawab di kelas. 

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus dihindari guru ketika melakukan tanya jawab di kelas

1.Tidak mengulang- ulang pertayaan
Apabila siswa tidak mampu menjawab pertanyaan, maka guru sebaiknya tidak mengulang- ulang pertanyaan tersebut kepada siswa. Karena hal ini dapat menyebabkan menurunnya perhatian dan partisipasi siswa.

2. Tidak mengulang- ulang jawaban
Mengulang- ulang jawaban siswa akan membuang-buang waktu dan siswa tidak memperhatikan jawaban temannya karena menunggu komentar dari guru.

3.Tidak menjawab sendiri pertanyaan yang diajukan 
Tidak menjawab sendiri pertanyaan yang diajukan guru kepada siswa, sebelum siswa memperoleh kesempatan untuk menjawabnya. jika kita menjawab sendiri pertanyaan yang diajukan sebelum siswa memperoleh kesempatan untuk menjawabnya, memiliki dampak yang kurang baik dalam pembelajaran, siswa akan frustasi dan menghilangnya minat untuk mengikuti pelajaran.

4. Hindari jawaban serempak dari siswa
Menjawab secara serempak sering terjadi di kelas ketika kita mengajukan pertanyaan kepada siswa. Hal ini harus dihindari. Mengapa? Karena kita tidak akan tahu siapa yang menjawab benar dan siapa yang menjawab salah serta  menutup kemungkinan berinteraksi selanjutnya. 

5. Menentukan siapa yang harus menjawab sebelum mengajukan pertanyaan
Apabila seorang guru sudah menentukan nama siswa yang menjawab pertanyaan sebelum pertanyaan itu diajukan, maka hal ini akan menyebabkan siswa yang tidak ditunjuk menjawab pertanyaan tidak memikirkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru. Oleh karena itu, hendaknya pertanyaan ditunjukkan terlebih dahulu kepada seluruh siswa, setelah itu guru menentukan siapa yang harus menjawab pertanyaan.

6.Pertanyaan ganda
Terkadang ada seorang guru yang mengajukan pertanyaan yang bersifat ganda, menghendaki beberapa jawaban atau kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa. 
Contoh pertanyaan ganda :
  • Apa yang menyebabkan terjadinya turun hujan dan bagaimana akibatnya bila turun hujan?
  • Apa yang dimaksud dengan abrasi dan apa dampaknya terhadap pantai?    


Load comments