Home » , » Penjumlahan bilangan bulat

Penjumlahan bilangan bulat

Posted by : Posted on July 18, 2013 - 11:25 AM with No comments

Bilangan bulat terdiri dari bilangan negatif, nol dan bilangan positif. Bilangan negatif seperti -1, -2, - 3, -4, - 5, dan seterusnya. Bilangan nol hanya nol (0) saja. Sedangkan bilangan positif atau bisa juga disebut bilangan asli contohnya seperti 1, 2, 3, 4, 5 dan seterusnya.Pada bilangan bulat berlaku operasi hitung seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Pada kesempatan kali ini saya hanya membahas tentang penjumlahan bilngan bulat. Penjumlahan dua bilangan atau lebih sudah biasa kita lakukan, termasuk bilangan bulat.

Penjumlahan bilangan bulat dianggap mudah bagi kita, namun lain halnya dengan putra- putri kita yang sedang belajar di kelas 5 sekolah dasar, mereka merasa kesulitan dalam memahami dan mengerjakan soal latihan penjumlahan bilangan bulat. Oleh karena itu, saya ingin berbagi tips membimbing dan mengajarkan putra- putri kita agar memahami materi penjumlahan bilangan bulat.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memberi pemahaman dan kemudahan dalam mengajarkan penjumlahan bilangan bulat kepada putra- putri kita.

Perhatikan beberapa contoh penjumlahan bilangan bulat berikut ini :
             a) 4 + 6 = 10
             b) 4 + (- 6 ) =  - 2  atau  (- 6) + 4 = - 2
             c) (- 3) + 7 = 4   atau 7 + (- 3) = 4
             d) (- 3) + (- 6) =  - 9
Dari keempat contoh tersebut kita bisa membahasnya satu- persatu sebagai berikut :
  1. Dari soal butir a,dapat disimpulkan bahwa jumlah dua buah bilangan positif adalah bilangan positif lagi. Adapun cara memperolehnya adalah dengan menjumlahkan kedua bilangan tersebut
  2. Dari butir soal b dan c dapat kita simpulkan bahwa jumlah dua buah bilangan bulat, satu positif dan yang satunya lagi negatif,  hasilnya dapat berupa bilangan bulat positif atau bilangan bulat negatif, atau dapat pula menghasilkan bilangan nol. Hal ini tergantung dari bilangan bulat yang dijumlahkan.
           Contoh 
  • 4 + (- 6 ) =  - 2  atau  (- 6) + 4 = - 2 . Pada penjumlahan  disamping , terlihat bahwa angka dari bilangan bulat negetifnya ( -6) lebih besar dari angka bilangan bulat positifnya (4), sehingga hasil penjumlahan adalah selisih dari 6 dengan 4 yang ditandai negatif .
  • (- 3) + 7 = 4   atau 7 + (- 3) = 4.  Pada penjumlahan disamping, terlihat bahwa angka dari bilangan bulat positifnya (angka 7) lebih besar dari bilangan bulat negatifnya (angka 3), sehingga hasil penjumlahan adalah selisih dari angka 7 dan 3 yang ditandai positif. 
  • (-3) + 3 = 0 atau 3 + (-3) = 0. Pada penjumlahan yang bersifat khusus ini, tampak bahwa angka dari bilangan bulat positif  maupun bilangan bulat negatif sama, sehingga hasilnya adalah nol (0)
   3.  Dari soal butir d, dapat disimpulkan bahwa jumlah dua buah bilangan bulat negatif adalah
        bilangan  negatif lagi. Sedangkan cara untuk memperoleh hasilnya sama saja dengan 
        menjumlahkan kedua angka tersebut dan hasilnya diberi angka negatif.
       Contoh :
           (-3) + (-4) = - (3 + 4)
                           = - 7


Semoga bermanfaat 

0 comments:

Post a Comment