Mengenal pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban - Edukasi -->

Halaman

    Social Items

Mengenal pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban

Pembelajaran kooperatif banyak tipe dalam pelaksanaannya salah satunya adalah tipe bermain jawaban. Pembelajaran kooperatif tipe  bermain jawaban adalah sebuah metode pembelajaran aktif yang dapat melibatkan semua siswa dari awal sampai akhir. Dalam permainan ini mereka ditantang untuk mencari jawaban yang benar dan sekaligus bergantung pada faktor keberuntungan. Permainan ini dapat digunakan untuk pre tes ataupun pos tes, selain untuk mengajarkan materi yang baru. Dalam permainan ini guru mengajar dengan menggunakan jawaban-jawaban yang ditemukan oleh siswa

Menurut Suprijono, Pembelajaran Kooperatif Tipe Bermain Jawaban adalah salah satu metode pambelajaran yang dikembangkan oleh Robert Slavin pada tahun 1970. pembelajaran ini adalah menekankan pada adanya permainan jawaban diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat berinteraksi, berdiskusi, bertukar pendapat dan mengekspresikan ide-idenya secara lebih leluasa dengan temannya bahkan kepada guru. Di dalam pembelajaran ini guru lebih berperan sebagai fasilitator dan pengarah daripada sebagai penguasa dan pemberi materi kepada siswa. Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dan mencari jawaban dengan teman satu timnya serta guru memberi klarifikasi jawaban atau menambahkan penjelasan yang bersumber pada materi yang ada.

Menurut Johnson et al (Mayke S. Tedjasaputra dalam Mahardani, 2011,hlm.33)  mengemukakan bahwa bermain merupakan konsep yang tidak mudah untuk dijabarkan, bahkan di dalam Oxford English Dictionary, tercamtum 116 definisi tentang bermain. Model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban ini mencangkup tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Selain itu dalam pembagian kelompok harus menyeluruh tanpa membeda-bedakan antara yang pintar maupun yang kurang. 
Menurut Paul Ginnis menyatakan bahwa bermain jawaban itu secara efektif mengubah dinamika kelas dan biasanya menciptakan kemauan yang lebih besar untuk belajar dan bersikap. Manfaat ini adalah cara untuk menciptakan beberapa aturan serius dengan sedikit kesenangan serius. 

Load comments