Salah satu
pekerjaan yang terkadang dianggap ringan, namun untuk mengerjakannya memerlukan
waktu yang cukup lama, salah satunya adalah mengurutkan data. Mengurutkan data
bisa disesuaikan dengan kategori yang akan kita urutkan, bisa berdasarkan
huruf/ abjad, ataupun angka terendah ke terbesar dan sebaliknya.
Mengurutkan data
ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengurutkan peringkat,masa
kerja, gaji ataupun mengurutkan kelompok atas kelompok bawah dalam melakukan
daya beda butir soal ulangan. Pada posting yang lalu tentang
rekapitulasi hasil evaluasi, pada bagian gambar rangking terlihat urutan ranking yang tidak teratur. Untuk mengurutkan data pada program Microsoft
office Excel diatas bisa dilakukan dengan dua cara yaitu; secara manual ataupun
secara otomatis.
1. Cara manual
dilakukan dengan cara meng-copy paste
data yang akan kita urutkan sesuai dengan kategori yang terendah ke terbesar
atau sebaliknya. Copy paste ini dilakukan satu persatu data yang ada ke dalam lembar
kerja (worksheet) yang baru. Pekerjaan ini memang ringan tapi memerlukan waktu
yang cukup lama, apalagi jika terjadi kesalahan dalam meng-copy data yang ada.
2. Secara
Otomatis, cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan salah satu tool yang
disediakan oleh microsoft office excel, bagi Anda yang sudah mahir tips ini sudah tidak aneh lagi.
Langkah- langkahnya adalah sebagai berikut;
- mem-blok data
yang akan diurutkan
(cara mem-blok klik pada salah satu cell lalu tekan shift +
tanda panah di keyboard)
Salah satu
contoh kita akan mengurutkan peringkat siswa
- kemudian klik tab DATA pada Microsoft Office Excel lalu klik short
- kemudian klik tab DATA pada Microsoft Office Excel lalu klik short
Hasil setelah kita mengurutkan data
Karena kita
mem-blok semua data termasuk nama siswa maka secara otomatis posisi nama akan
berurutan sesuai dengan posisi peringkat.
Semoga bermanfaat